Rabu, 23 Mei 2018

Lukisan Dari Limbah Gedebog



Kresativitas tak akan pernah ada habisnya. Bagi para tangan-tangan kreatif, barang yang sudah tidak terpakai, bahkan yang sudah menjadi sampahpun bisa di sulap menjadi barang yang layak untuk di jadikan hiasan, atau layak untuk dipasarkan.

Berbeda dengan lukisan-lukisan yang lain, lukisan karya craftman kali ini adalah lukisan dari limbah gedebog. Gedebog (pelepah pisang) yang sudah kering atau yang sudah busuk sering kali dibakar karena dianggap sebagai sampah. Namun bagi para seniman lukis bisa manfaatkan sebagai bahan untuk membuat lukisan.

Membutuhkan waktu empat sampai lima bulan,  bahkan jika feel sang pelukis sedang tidak bagus, penyelesaian sebuah lukisan berukuran 180 meter persegi, butuh waktu hingga satu tahun untuk membuat lukisan dari limbah gedebog ini.

Untuk membuat lukisan dari pelepah pisang ini cukup mudah. Pelepah dengan tekstur tertentu dipilih sebagai back ground lukisan. Kemudian serat pelepah pisang digunakan untuk membuat gambar yang berupa garis-garis.

Serat pelepah pisang ditempelkan dengan menggunakan lem kayu pada back ground yang dipilih. Setelah bentuk pola selesai, lukisan tersebut baru dipernis agar lebih sempurna. Bahan yang dibutuhkan untuk melukis yaitu gunting, lem, gedebog (pelepah pisang) yang sudah kering.

Jenis pelepah pisang yang di gunakan pun bebas. Akan tetapi, pelepah pisang yang baik adalah yang sudah kering dipohon, kondisi pelepah pisang benar-benar kering (tidak basah atau lembab), pelepah tidak perlu dijemur di sinar matahari (cukup diangin-anginkan saja).

Tidak perlu menggunakan bahan pengawet atau ditambah pewarna buatan, karena akan menghilangkan kesan alami lukisan. Corak warna pelepah pisang yang akan digunakan disesuaikan dengan kebutuhan pelukis, sesuai dengan gaya dan tema lukisan.

Lukisan yang sudah jadi tidak perlu di vernis (bahan pengkilap lukisan). Supaya lebih indah, bisa ditambahkan pigura dan kaca agar lukisan awet dan tahan lama. Serta jangan tempatkan lukisan  tempat yang basah/lembab.

Sebuah karya lukisannya dihargai mulai dari 5 Juta hingga Ratusan Juta Rupiah, tergantung ukuran lukisan dan tingkat kesulitannya. Namun untuk lukisan dengan ukuran 70 cm kali 40 cm hanya dijual dengan harga 200 ribu rupiah saja.

 Lukisan yang terbuat dari limbah pelepah pisang ini, selain harganya yang cukup fantastis mengingat bahan dasar yang digunakan hanya limbah yang sangat  mudah di dapat, karya seni limbah gedebog ini juga memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar